Dandim Gianyar hadiri rangkaian Upacara Pelebon di Puri Agung Peliatan




Gianyar, lintasbatasbali.com -  Upacara Pelebon yang dihadiri oleh Dandim 1616/ Gianyar Letkol inf. Hendra Cipta Sos. terhadap jenazah almh Anak Agung Oka Susmini dilakukan hari sabtu ( 26-02-2022) pukul 12.30 wita.


Istri dari Alm. Ida Dwagung Peliatan IX dan ibu tiri dari Penglingsir Puri Agung Peliatan Tjokorda Gede Putra Nindia SH.MH ini dihadiri oleh koordinator staf khusus presiden RI A.A.G.N Ari Dwipayana, Kapolda Bali Irjen Polisi Drs. Putu Jayan Danu Putra SH.MSi, wakil Gubernur Bali ir. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Bupati Gianyar Made Mahayastra SST.Par.Map., Dandim 1616/Gianyar Letkol inf Hendra Cipta Sos.,Kapolres Gianyar AKBP I Made Bayu Sutha Sartana SIK.MH, Danyon Zipur 18/YKR, Muspika kecamatan Ubud, personel Koramil 1616-02/Ubud, personel

Polsek, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Ubud, Penglingsir Puri Agung Ubud Tjokorda Putra Sukawati, dan Penglingsir Puri se Bali.


Prosesi rangkaian Kegiatan Upacara Pelebon jenazah Almh Anak Agung Oka Susmini yang meninggal pada tanggal 13 Desember 2021 pada umur 80 tahun di karenakan sakit dan usia lanjut yaitu pukul 08.00 wita bertempat di Catus Pata Puri Agung Peliatan dilaksanakan prosesi melaspas sarana ogoh - ogoh, sarana lembu Putih, dan sarana lembu yang dipimpin atau dipuput oleh Ida pendanda Griya Buda Tebesaya, setelah itu pada pukul 09.00 wita yang bertempat di ancak saji puri Agung Peliatan dipentaskan Tarian Sakral Gambuh, setelah dilaksanakan tarian tersebut pada pukul 11.30 wita jenazah almh Anak Agung Oka susmini dipindahkan dari semanggen menuju sarana bade tumpang sembilan.


Pada pukul 12.30 wita, prosesi dilanjutkan dengan pemberangkatan jenazah dari rumah duka Puri Agung Peliatan menuju Setra Pura Dalem Puri Banjar Tebesaya dengan diringi pengarakan ogoh - ogoh, pengarakan lembu Putih, dan pengarakan Bade tumpang sembilan yang di dalamnya terdapat jenazah almh Anak Agung Oka Susmini.


Pukul 15.00 wita setelah pengarakan bade tumpang sembilan yang di arak oleh warga 4 (empat) banjar yaitu banjar pande, banjar teruna, banjar tangah kangin, dan banjar tengah kauh secara estafet  berada di setra pura dalem puri Banjar tebesaya, dilaksanakan upacara Kremasi yang dipuput oleh Ida Pedande Griya Peling dan dilanjutkan dengan prosesi pembuangan abu jenazah di sungai  Tjampuhan Ubud.


Dalam pelaksanaan Pelebon terhadap almh Anak Agung Oka Susmini dilakukan proses protokol kesehatan dengan sangat ketat mengingat  masih dalam masa PPKM agar dapat  mencegah penularan dan penyebaran virus covid -19. (Bochari)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama