POLRES BANGLI, GELAR UPACARA PEMAKAMAN DI DESA BATUR KINTAMANI

 


 Bangli,  - Polri selat melaksanakan tugas pokok sebagaimana diatur dalam Pasal 13 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, juga melaksanakan tugas lain diantaranya melaksanakan upacara pemakaman terhadap anggota Polri ataupun purnawirawan Polri yang meninggal dunia, sebagaimana diatur dalam Peraturan Kapolri nomor 3 Tahun 2013, tanggal 6 Maret 2013 tentang Pemakaman Anggota Polri atau Purnawirawan Polri.


Kapolres Bangli diwakili Kabag SDM Polres Bangli KOMPOL I WAYAN BUDAYASA, SH menggelar upacara pemakaman di Desa Batur Kintamani Bangli terhadap anggota Polri almarhum BRIPKA  I NYOMAN TINGGAL ASTAWA yang masih aktif yang menghembuskan napas terakhir pada hari Kamis tanggal 23 Juni 2022  di RSU Trijata Denpasar karena sakit, selanjutnya  dibawa ke kediaman Almarhum di Desa Batur Kintamani Bangli,  perwakilan pihak keluarga  menyerahkan jenasah almarhum  kepada Polres Bangli yang diterima Kabag SDM  Polres Bangli  Kompol WAYAN BUDAYASA, SH sekaligus selaku Inspektur Upacara, untuk dimakamkan secara kedinasan Polri. (24/6/2022).


Upacara pemakaman diawali dengan Laporan perwira upacara kemudian penyelubungan bendera merah putih diatas peti jenasah dilanjutkan dengan pembacaan riwayat hidup singkat almarhum. Almarhum lahir di Bangli, 20 Januari 1972  dan mengabdi di Kepolisian RI sejak 7 Januari 1995. Almarhum terakhir berdinas aktif di Polda Bali dengan jabatan Bamin Subbagbmp Bagbekum Rolog Polda Bali.


Bertindak selaku perwira upacara Iptu Wayan Sudiarsa, Komandan Upacara Iptu Wayan Suartika,  pasukan upacara yang terdiri dari Pengusung Jenazah 6 Personil yang ditunjuk, Pasukan Salvo 10 Personil, Pasukan Kehormatan 1 peleton gabungan Ba dan Pama, Pembawa Foto Almarhum 1 orang, Pasukan Upacara satu pleton Dalmas Polres Bangli dan  gabungan Anggota Staf Polres Bangli dan Polsek Kintamani,  Pembawa acara Briptu Meta, pembaca riwayat hidup singkat, Pembawa foto, Ajudan Inspektur Upacara. Setelah upacara kedinasan di rumah duka, jenasah kemudian diusung ke Tempat Pemakaman /kuburan Desa Batur Tengah Kintamani Bangli untuk dikebumikan yang dilanjutkan dengan upacara perabuan diikuti penghormatan Tembak Salvo dari pasukan kepada arwah almarhum. Pada puncak upacara Inspektur upacara Kabag SDM Polres Bangli dalam sambutannya mewakili pimpinan turut berduka cita atas berpulangnya almarhum dan diucapkan terima kasih atas tugas tugas yang pernah diembannya dengan baik dan keluarga yang ditinggalkannya mengiklaskan kepergiannya, " ucapnya.


 Secara simbolis Kabag SDM Polres Bangli mewakili pimpinan Polri meletakan karangan bunga kemudian seluruh pasukan upacara memberikan penghormatan terakhir kepada arwah almarhum. 

 

Selanjutnya dari pihak keluarga  mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya upacara pemakaman secara kedinasan ini. Kita sadar bahwa berasal darinya dan akan kembali kepadanya. Selesai upacara militer kegiatan  keagamaan dikembalikan kepada keluarga almarhum.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama