Pulau Menjangan Sejuta Keindahan Sorga Di Dunia




Pulau Menjangan merupakan salah satu pulau kecil tak berpenghuni yang masih menjadi bagian dari Pulau Bali. Pulau ini terletak sekitar 10 km di sebelah barat Laut Bali. Pulau Menjangan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Dari Denpasar, pulau ini dapat ditempuh sekitar 4 jam dengan kendaraan, dan terletak sekitar 60 km dari Pantai Lovina yang terkenal. “Menjangan” sebenarnya adalah kata Bali yang berarti “rusa”. Memang, pulau pasir putih ini diberi nama seperti itu karena sekelompok rusa hidup bebas di pulau ini.


Meski hanya pulau kecil tak berpenghuni, Pulau Menjangan tak pernah sepi dari pengunjung. Selain para wisatawan, umat Hindu juga hampir setiap hari datang ke sini untuk beribadah karena keberadaan kompleks pura suci di pulau ini. Di pulau Menjangan terdapat 8 pura yang menjadi tujuan para pengunjung. 


Salah satunya adalah Pura Segara Giri Dharma Kencana. Pura ini merupakan salah satu pura bersejarah di Bali yang sangat erat kaitannya dengan perjalanan suci seorang pendeta Hindu bernama Dang Hyang Siddhimantra ke Bali. Konon dahulu kala, Dang Hayang Siddhimantra-lah yang memisahkan Jawa dan Bali yang berada di pulau besar yang sama dengan mengayunkan tongkat sihirnya. 


Kuil ini dibangun sebagai tanda penghargaan dari para pengikutnya. Kata “Giri” berarti bumi atau daerah; “Dharma” berarti kebajikan; dan Kencana berarti garis. Jadi, Pura Segara Giri Dharma Kencana berarti sebuah pura dalam garis dan wilayah kebajikan.


Pulau pasir putih yang cantik ini juga memiliki pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Terumbu karang dan biota laut hidup dengan baik karena lingkungan yang sehat menjadikan daerah ini sebagai salah satu tempat snorkeling terbaik di Bali. 


Kegiatan snorkeling dan diving pertama kali dilakukan secara profesional pada tahun 1978 ketika TNI Angkatan Laut menjadi sponsor acara diving gathering dari beberapa klub selam di Indonesia. Pertemuan itu menjadi batu loncatan Pulau Menjangan sebagai tempat menyelam dan snorkeling internasional di Bali. Sebagai salah satu tempat menyelam terbaik, wilayah Pulau Menjangan terbagi menjadi beberapa titik dengan kemiringan 60 meter dan formasi batu dan karang yang kompleks. Batu-batu dan karang-karang ini membentuk gua-gua besar dan kecil yang menjadi habitat karang, berbagai jenis ikan.


Jika Anda ingin mengunjungi Pulau Menjangan dan menikmati keindahan lautnya, transportasi utama adalah perahu yang dapat ditemukan di Desa Teluk Terima. Akses lain untuk mencapai pulau ini adalah dermaga kecil di teluk Banyuwedang. Menyeberang ke Pulau Menjangan membutuhkan waktu kurang lebih 30-40 menit. Dengan Rp 40.000 – Rp 50.000 per orang, kita bisa menyewa peralatan snorkeling. Jika ingin mencoba paket Sharing Boat plus snorkeling 


source:balitour.net

foto balitour.net



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama